Hal Yang Akan Terjadi Jika Kita Tidak Makan Teratur

posted in: Blog | 0

Hal Yang Akan Terjadi Jika Kita Tidak Makan Teratur. Makan adalah salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Makan juga salah satu sumber energy bagi tubuh agar kita siap untuk beraktivitas. Namun terkadanga banyak orang yang menyepelekan waktu makan dan memiliki waktu makan yang tidak teratur. Waktu makan yang tepat adalah tiga kali sehari yaitu pagi hari, siang hari, dan sore hari atau menjelang malam. Maag adalah salah satu penyakit yang sering muncul jika kita tidak makan dengan teratur. Memiliki jadwal makan yang tidak teratur akan menyebabkan asupan yang kita butuhkan dalam tubuh akan menjadi berkurang.

Hal Yang Akan Terjadi Jika Kita Tidak Makan Teratur

Akibat Tidak Makan Teratur

1.Pencernaan Terganggu

Sangat disarankan untuk memiliki waktu makan yang teratur. Jika kita tidak makan dengan teratur akan mengakibatkan pencernaan kita tergaanggu. Hal ini dikarenakan dalam tubuh terdapat system pencernaan yang bekerja seperti mesin yang akan mengolah makanan selama 8- 10 jam. Olehkarena itu kita harus memiliki asupan yang cukup agar pencernaan berjalan dengan lancar.

2.Gangguan Penyerapan Gizi

Memiliki kebiasann makan yang tidak teratur akan menyebabkan penyerapan gizi pada tubuh akan terganggu. Hal ini disebabkan karena proses metabolisme pada tubuh seharusnya gizi dan vitamin yang cukup. Tetapi jika gizi dan vitamin tidak mencukupi maka proses penyerapan akan terganggu.

3.Perubahan Hormon

Memiliki jadwal makan yang tidak teratur akan menyebabkan hormone yang terdapat dalam tubuh kita akan tidak seimbang. Hal ini dikarenakan jika Anda melewati jam makan akan menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh akan meningka dan bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

4.Kram Perut

Hal yang sering terjadi saat kita sering melewaji jam makan adalah merasa kram pada bagian perut. Biasanya hal ini diakibatkan oleh penyakit lambung, refluks asam lambung, infeksi lambung, dan lain sebagainya.

5.Meningkatkan Kadar Gula Darah

Memiliki jadwal makan yang tidak teratur dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Hal ini dikarenakan jika kita tidak makan dengan teratur akan menyebabkan ristensi insulin pada tubuh dan akan terjadi peningkatan kadar lemak.

Itulah beberapa hal yang bisa terjadi jika kita sering melewatkan waktu makan ataupun memiliki jam makan yang tidak teratur. Oleh karena itu makan paling tida 3 kali sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *