Nutrisi Yang Harus Dipenuhi Oleh Ibu Hamil

posted in: Blog | 0

Nutrisi Yang Harus Dipenuhi Oleh Ibu Hamil. Ibu yang sedang hamil harus memiliki kebutuhan gizi yang terpenuhi hal ini dikarenakan sangat berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan. Jika ibu memiliki kebutuhan gizi yang terpenuhi maka janin yang dikandung akan berkembang dengan baiak, dan sebaliknya jika ibu kurang dalam memenuhi kebutuhan gizinya maka pertumbuhan janinpun tidak berkembang dengan baik. Ibu memerlukan banyak nutrisi seperti mikronutrien dan makronutrien yang sangat baik untuk perkembangan janin. Mikronutrien adalahkomponen berupa vitamin dan mineral. Sedangkan makronutrien adalah nutrisi yang menganddung energi dan lemak seperti karbohidrat, protein, dan lemak.

Nutrisi Yang Harus Dipenuhi Oleh Ibu Hamil

Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Inilah beberapa jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar baik untuk perkembangan janin, yaitu:

1.Zat Besi

Zat besi sangat membantu memenuhi gizi ibu saat hamil. Hal ini dikarenakan zat besi membantu meingkatkan volume darah sehingga ibu terhindar dari anemia. Biasanya saat hamil volume darah lebih besar karena janin juga membutuhkan darah. Dengan mendapatkan nutrisi zat besi yang cukup maka ibu akan memiliki volume darah yang cukup. Zat besi tersebut biasanya dapat didapatkan dalam bayam, selada, kubis, biji- bijian, seri, dan sereal.

2.Protein

Ibu hamil sangat membutuhkan protein hal ini dikarenakan protein sangat bermanfaat untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan termasuk sel otak janin. Para ahli menyatakan bahwa ibu hamil membutuhkan 75 -100 gram protein perhari. Sumber nutrisi protein biasanya dapat diperoleh dari daging sapi tanpa lemak, ikan, daging ayam, tahu, dan kacang- kacangan.

3.Asam Folat

Asam folat saangat dibutuhkan sebelum masa kehamilan atau bagi calon ibu yang sedang melakukan program kehamilan. Ibu yang memiliki nutrisi asam folat yang tercukupi akan menghindarkan terjadinya janin mengalami kelainan pada otak dan sum sum tulang belakang. Tidak hanya itu, asam folat juga bisa mencegah terjadinya keguguran, kelainan premature, dan anemia saat hamil. Asam folat bisa didapatkan melalui brokoli, bayam, jeruk, manga, lemon, melon, kiwi, dan sereal yang diperkaya asam folat.

4.Kalsium

Ibu hamil harus memiliki asupan kalsium yang tinggi hal ini dikarenakan janin juga memerlukan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi. Selain itu kalsium juga dapat membantu ibu terkena tekanan darah tingga pada masa kehamilan. Kalsium biasanya didapatkan melalui susu, yogurt, keju, kacang almond, ikan salmon, dan masih banyak lagi.

5.Karbohidrat

Ibu hamil sangat memerlukan karbohidrat yang cukup. Hal ini dikarenakan karbohidrat merupakan sumber kalori yang baik bagi ibu hamil. Karbohidrat biasanya diperoleh dari nasi, kentang, sereal, buah- buahan, sayuran, dan masih banyak lagi.

Nah sekarang sudah tahu apa yang baik dikonsumsi oleh ibu saat hamil. Apa yang dikonsumsi ibu saat hamil sangat berhubungan akan perkembangan janin dalam perutnya.