Fakta Tentang Telur Puyuh, Telur Kecil Banyak Manfaat

posted in: Blog | 0

Telur puyuh adalah telur yang berasal dari burung puyuh. Telur ini berukuran kecil sehingga biasanya dikonsumsi lebih dari satu biji sekali makan.Telur ini kadang dimanfaatkan sebagai campuran bahan makanan terutama berbagai masakan Indonesia. Telur puyuh memiliki temperature lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam oleh sebab itu telur puyuh mampu mematikan bakteeri salmonella. Selain itu telur puyuh juga mengandung lisozim yang bisa bertahan terhadap infeksi sehingga mampu membunuh bakteri berbahaya.

Fakta Tentang Telur Puyuh, Telur Kecil Banyak Manfaat

Manfaat Telur Puyuh

Ada beberapa manfaat yang terkandung dalam telur puyuh seperti:

1.Mengurangi Resiko Kanker

Telur puyuh memiliki kandungan nutrisi yang bernama selenium. Nutrisi ini dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker. Selenium memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi sel- sel tubuh dari kerusakan dan oksidasi. Oleh sebab itu telur puyuh bisa dikonsumsi untuk mencegah timbulnya sel kanker dalam tubuh.

2.Melawan Timbulnya Alergi

Telur puyuh memiliki kandungan ovomucoid yang sangat bermanfaat untuk melawan timbulnya alergi. Berbeda dengan telur ayam yang justru dapat menyebabkan alergi. Untuk itu bagi Anda yang memiliki keluhan alergi yang tidak bisa makan telur ayam ada solusi lebih baik mengkonsumsi telur puyuh.

3.Membantu Kesehatan Mata

Telur puyuh juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk memelihara kesehatan mata kandungan tersebut berupa zat zeaksantin dan lutein. Zat ini dapat meningkatkan cahaya biru 20 hingga 90 %. Selain itu jga bermanfaat untuk memberikan pigmen warna kuning pada mata. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi telur puyuh mata akan tetap sehat.

4.Membantu Menurunkan Tekanan Darah atau Hipertensi

Telur puyuh juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah karena telur puyuh memiliki kandungan kalium. Kalium dalam telur puyuh dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi.

5.Mengurangi Anemia

Telur puyuh merupakan ssumber zat besi yang sangat ampuh untuk mengatasi anemia. Zat besi sangat penting dalam hemoglobin yang bermanfaat untuk membawa oksigen dari paru- paru ke dalam tubuh.

Bahaya Terlalu Banyak Mengkonsumsi Telur Puyuh

Telur puyuh memang memiliki banyak manfaat seperti yang sudah dijelaskan diatas. Tetapi jika mengkonsumsi tidak sesuai porsi justru akan berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan telur puyuh memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi sehingga dapat menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karena itu jangan mengkonsumsi telur puyuh terlalu banyak jika ingin merasakan manfaat telur puyuh itu sendiri.