Hal Sepele Yang Dapat Menyebabkan Kecerdasan Otak Menurun

posted in: Blog | 0

Hal Sepele Yang Dapat Menyebabkan Kecerdasan Otak Menurun. Otak adalah salah satu organ penting pada tubuh manusia. Oleh karena itu kita wajib menjaga kesehatan otak agar tubuh tidak terganggu. Walaupun kita sudah menjaga kesehatan otak ternyada ada beberapa hal sepele yang kadang tidak kita sadari dapat menyebabkan fungsi atau kecerdasan otak menurun.

Hal Sepele Yang Dapat Menyebabkan Kecerdasan Otak Menurun

Hal Yang Bisa Menyebabkan Kecerdasan Otak Menurun

1.Kurang Tidur

Sama dengan tubuh lainnya, jika kita kurang tidur maka akan menyebabkan fungsi organ dalam tubuh termasuk otak akan menurun. Jika kita meninginkan tubuh dan otak yang sehat maka harus memiliki waktu istirahat yang cukup. Hal ini dikarenakan jika kita kurang tidur maka akan mengalami kecemasan atau depresi.

2.Kebiasaan Merokok

Bagi para pria merokok adalah hal yang biasa, namun sebenarnya merokok dapat menyebabkan kecerdasan otak dan fungsi organ lainnya menurun.  Selain itu merokok juga bisa mengganggu kesehatan mental.

3.Jarang Sarapan

Sarapan adalah salah satu hal yang penting sebelum kita memulai aktivitas. Tetapi kadang banyak orang yang jarang sarapan dengan alasan kesiangan. Ternyata sarapan adalah salah satu faktor yang dapat menurunkan kecerdasan otak. Hal ini dikarenakaan jika kita jarang sarapan maka akan menurunkan kadar glukosa dalam darah sehingga dapat menurunkan kecerdasan otak.

4.Kekurangan Nutrisi

Sama halnya dengan tubuh lainnya, Otak juga memerlukan nutrisi yang cukup. Agar fungsi otak tidak menurun sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak ataupun junk food. Sebaiknya konsumsilah makanan yang baik untuk otak seperti ika, telur, sayuran, buah- buahan, dan susu.

5.Kebanyakaan Tidur

Tidak hanya kurang tidur, ternyata seseorang yang terlalu banyak tidur juga dapat menurunkan kecerdasan otak. Seharusnya kita memiliki porsi tidur karena hal ini dapat mempengaruhi mental seseorang dan dapat menyebabkan depresi.

6.Kurangnya Bersosialisasi

Banyak penelitian menyatakan bahwa seseorang yang suka bersosiali pasti akan sering berkomunikasi dengan baik. Seseorang yang berkomunikasi paling tidak 10 menit perhari dapat meningkatkan kecerdasan otak. Sebab dengaan berbicara kita dapatb merangsang kerja otak.

7.Mengkonsumsi Terlalu Banyak Gula

Terlalu belebihan dalam mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandug gula justru akan membuat fungsi otak akan menurun. Hal ini dikarenakan jika terlalu banyak mengkonsumsi gula akan mempengaruhi kerja neurotropic otak yang bisanya bertanggung jawab atas produksi neuron. Sehingga akan menyeebabkan fungsi otak menurun.

Itulah beberapa hal sepele yang jarang kita ketahui yang bisa menyebabkan kecerdassan otak menurun.