Tips Menjaga Kesehatan Saat Hari Raya Idul Adha

posted in: Blog | 0

Tanpa terasa, tinggal menghitung hari lagi kita akan merayakan hari raya idul adha. Idul Adha  berasal dari bahasa Arab, yang di Indonesia sendiri di sebut juga dengan hari raya kurban. Jika di lihat di kalender, pada tahun ini hari raya idul adha ini akan jatuh pada hari jum’at, 31 Juli 2020.  Pada saat hari raya idul adha setiap keluarga yang mampu di harapkan untuk mengorbankan domba, kambing maupun sapi. Setelah hewan itu di sembelih maka akan di bagikan kepada mereka yang mungkin tidak mampu mengorbankan hewan mereka sendiri.

Di Indonesia sendiri, hari raya idul adha menjadi salah satu festival di tandai dengan membuat hidangan yang terbuat dari daging hewan yang telah di terima. Namun, ada beberapa catatan sebelum menyantap hidangan tersebut, pasalnya jika Anda megkonsumsi secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Tips Jaga Kesehataan Saat Idul Adha

Mau tau cara untuk menjaga kesehatan saat hari raya idul adha nanti? Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan saat lebaran idul adha.

Hindari daging Goreng

Apakah Anda memiliki rencana untuk mengkonsumsi daging saat hari raya tiba nanti? Cobalah untuk mengolah daging tersebut dengan cara merebus. Ada baiknya Anda menghindari mengolah daging dengan cara mengoreng, karena daging yang di goreng ini dapat menyebabkan meningkatnya kalori dan lemak dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menderita kolestrol dan masalah kesehatan lainnya.

Hindari minuman bersoda dan dingin

Tips yang berikut yaitu Anda wajib untuk menhindari minuman yang bersoda dan dingin, bukan tanpa sebab, karena minuman bersoda dapat menyababkan perut akan lebih mudah begah. Bukan hanya itu saja, minuman tersebut juga dapat menyimpan banyak gas yang membuat ketidaknyamanan dalam perut.

Menjaga kesehatan saat memasuki hari raya idul adha sangat penting untuk dilakukan. Pasalnya hari raya ini sebagian orang akan lebih banyak mengkonsumsi olahan daging, jika tidak dikendalikan maka dapat menimbulkan masalah kesehatan yang cukup serius.

Minumlah minuman yang menghilangkan lemak

Saat lebih banyak mengonsumsi daging dan makanan berlemak, imbangi juga dengan mengonsumsi minuman yang dapat melarutkan lemak dalam tubuh. Anda bia membuat sendiri, yaitu dengan cara , buatlah minuman hangat atau jus lemon yang dapat meningkatkan laju metabolisme. Atau Anda juga bisa mengonsumsi teh hangat tanpa gula.

Hari raya kurban merupakan hari raya umat islam yang dilakukan setiap satu tahun sekali. Seluruh umat muslim akan saling berbagi daging. Daging memang menjadi hal yang lazim dikonsumsi pada saat hari raya ini, daging yang biasa di qurban kan yaitu daging sapi dan kambing.

Daging kambing kaya akan protein dan zat besi. Dengan mengonsumsi daging kambing juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi nonhemem dari makanan nabati. Bukan hanya itu saja, daging kambing juga kaya akan seng,  seng inilah yang dapat menyebakan kolestrol bagi mereka yang mengonsumsi daging kambing secara berlebihan.

Sedangkan daging sapi sendiri sering menjadi rekomendasi paling tepat dari semua daging merah. 

Berikut ini adalah kelebihan daging sapi, anatara lain seperti :

  • Daging sapi menjadi sumber vitamin B12 dan sumber vitamin B6.  Kedua vitamin ini sangat penting untuk metabolisme sel, menjaga sistem syaraf sehat dan produksi sel darah merah dalam tubuh.
  • Daging sapi tanpa lemak mengandung 60% dari nilai kecukupan harian untuk protein hanya dalam 100 gram.
  • Daging sapi juga memniliki seng (zinc) yang lebih tinggi 6 kali di bandingkan dengan daging lainnya.
  • Daging sapi juga mengandung zat besi, serta mengandung selenium dan fosfor.

Disamping keunggulan daging sapi yang sudah di jelaskan diatas, daging sapi juga memiliki lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan. Jika daging tidak bisa di masak dengan baik, maka di khawatirkan akan menimbulkan penyakit.

Oleh sebab itu, Anda perlu menerapkan aturan setidaknya untuk diri sendiri saat menyantap dua daging selama idul adha. Apa saja?

Makan dengan porsi kecil

Saat hari raya kurban tiba maka stok daging melimbah dan dapat diolah menjadi berbagai menu makanan yang lezat, Namun jika Anda tidak mau terserang berbagai masalah kesehatan maka wajib hukumnya untuk Anda mengontrol jumlah asupan yang masuk. Usahakan untuk makan dalam porsi kecil terlebih dahulu, karena jika kita langsung makan dalam jumlah yang banyak akan menimbulkan perut terasa nyeri. Esophageal sphincter mungkin saja tidak mempu menumpang dan makanan akan kembali ke perut bagaian atas.

Perbanyak Minum Air Putih

 Daging memiliki banyak kadungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, namun tetap saja daging rentah serat.  Untuk menghindari Anda terkena masalah gangguan pencernaan, diharapkan untuk memperbanyak minum air putih. Air putih ini sendiri bermanfaat untuk mendiring makanan dan membuat tubuh cukup akan cairan .

Kombinasian Masakan dengan Sayuran

Untuk mengurangi kandungan lemak dan daging, Anda bisa menambahkan berbagai sayuran seperti bawang bombai, bawang merah dan tomat. Dengan menambahkan sayuran pada santapan daging Anda dengan begini makanan akan jauh lebih seimbang.

Nah, itu dia tips dalam menjaga kesehatan selama hari raya idul adha. Semoga bermanfaat.