Waspada ! Kaki Dan Tangan Sering Kesemutan, Segera Ketahui Penyebabnya

posted in: Blog, Pengobatan | 0

Kesemutan memang menjadi momok yang menyebalkan bagi semua orang, apalagi lagi asik-asiknya melakukan kegiatan santai tiba-tiba ada rasa menggelitik dan kebas di bagian tangan dan kaki. Rasa kesemutan memang unik ya seperti di tusuk-tusuk jarum kecil di kulit berasa seperti di serang banyak hewan semut.

Walaupun tidak menimbulkan rasa sakit namun rasa gelinya itu lho bikin kaki dan tangan mati rasa sehingga membuat anggota tubuh tidak nyaman saat di gerakan. Kesemutan di sekujur tubuh terutama pada tangan dan kaki merupakan hal yang wajar di alami oleh semua orang baik mudah maupun tua.

Di sebut kesemutan karena kondisi yang Anda alami saat saraf di tangan atau kaki menerima tumpuan tekanan berat dalam waktu yang cukup lama, jika dalam dunia medis, kesemutan di sebut dengan paresthesia.

Banyak sebagian orang bertanya apa sih yang menjadi penyebab munculnya kesemutan secara tiba-tiba. Kini admin akan berbagi sedikit ulasan informasi untuk Anda guna mengetahui secara jelas mengenai penyakit kesemutan, penyebab dan cara mengatasinya. Penasaran bukan? Yuk langsung scroll ke bawah terus ya sahabat.

Ternyata Ini Penyebab Kesemutan Yang Jarang Di Ketahui

Kesemutan biasanya terjadi karena melakukan aktivitas terlalu lama seperti duduk atau rebahan terlalu lama, kesemutan atau paresthesia terjadi dalam waktu yang tidak lama hanya sekilas beberapa menit sehingga tidak perlu di khawatirkan. Apa sih yang menjadi penyebab kesemutan.

  1. Terlalu Banyak Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol tanpa di sadari bisa merusakan jaringan saraf di dalam tubuh. Lama kelamaan hal ini bisa berujung pada neuropati perifer yang akan membuat saraf tepi terluka, padahal seharusnya  saraf tepi bertugas untuk mengirimkan sinyal ke otak, otot, organ serta jaringan lainya pada anggota tubuh. Sehingga kondisi tersebut bisa menimbulkan rasa geli dan kebas di bagian salah satu anggota tubuh terutama pada kaki dan tangan. Hal ini di karena saraf perifer mengalami kerusakan akibat alkohol.

2. Kekurangan Asupan Vitamin

Untuk memiliki fungsi saraf yang sehat perlu adanya asupan vitamin B1, B6, B12 DAN Vitamin E, Jika vitamin tersebut tidak mencukupi maka bisa menimbulkan kerusakan pada sistem saraf seperti timbulnya kesemutan di kaki maupun tangan.

Untuk bisa memnuhi kebutuhan vitamin harian. Anda bisa mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, selain itu juga kaya akan vitamin. Sayur dan buahbuahan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat berperan menangkal  efek buruk dan radikan bebas.

3. Penyebab Lain

Beragam keluhan lainya yang sering di alami saat kesemutan seperti gigitan hewan serangga, skit kepala migrain, efek kemoterapi, racun alergen dalam makanan laut, terapi radiasi,  cedera juga kadang bisa menimbulkan sensasi kebas yang menggelitik.

Itulah beberapa penyebab kesemutan yang jarang di ketahui oleh banyak orang, lalu siapa sih yang  beresiko mengalami kesemutan.

Siapa Saja Yang Beresiko Mengalami Kesemutan

Yang mengalami kesemutan tidak ada patokan khusus siapa saja yang beresiko mengalami paresthesia. Siapa saja bisa mengalami kesemutan tergantung dari kondisi serta gerakan anggota tubuh namun ada beberapa faktor yang di perhatikan yang bisa meningkatkan risiko mengalami kesemutan.  

  1. Sering melakukan gerakan berulang yang menekan saraf tubuh seperti mengetik, memainkan alat musik dan berolahraga.
  2. Bertahan dengan posisi yang agak lama baik itu saat duduk, tidur dan berdiri.
  3. Mengabaikan aturan makanna harian sehingga menimbulkan kekurangan asupan vitamin tertentu.
  4. Memiliki penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis lupus dan lain sebagainya.

Itulah aktivitas yang bisa memicu kesemutan, untuk menghindari kesemutan alangkah baiknya Anda hindari melakukan aktivitas seperti di atas dengan waktu lama. Untuk mengobati rasa kesemutan sebagian orang juga banyak yang tidak mengetahui namun tidak perlu khawatir sahabat dharma sehat, admin akan bocorkan rahasianya untuk kalian yang sering mengalami kesemutan.

Cara Mengurangi Rasa Kesemutan

Pada umumnya orang yang mengalami kesemutan biasanya sangat terganggu sekali apalagi sering kesemutan pada tangan dan kaki tentu sangat menjengkel kan ya. Di bawah ada beberapa cara ajaib yang bisa mengurangi rasa kesemutan bagi Anda yang seringi mengalami.

  1. Memijat bagian kaki yang sering kesemutan
  2. Mengompres air hangat
  3. Memperbanyak konsumsi buah alpukat
  4. Mengobati dengan ramuan kunyit
  5. Menambah asupan magnesium
  6. Mminum air jahe
  7. Berhenti konsumsi rokok dan alkohol
  8. Sering berolahraga

Nah buat Anda yang sering mengalami rasa kesemutan namun tidak setiap hari di sarankan tidak perlu menggunakan obat kesemutan. Anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti di atas pasalnya kesemutan dalam waktu singkat masih d anggap hal yang wajar biasanya karena salah dalam memposisikan anggota tubuh.

Dan bagi Anda yang sering mengalami kesemutan dalam jangka yang lama, Anda jangan ragu untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya. Atau untuk Anda yang merasa sering kesemutan setiap hari bahkan setiap jam. Anda bisa konsumsi produk dari nasa yaitu herbathus selain terpercaya sebagai obat asam urat juga bisa mengurangi rasa kesemutan lho.

Salam sehat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *