Diskon 50% untuk beli produk Moreskin Aloe Vera ISI 250 ML, klik disini

Ciri-Ciri Penyakit Gagal Ginjal Dan Penyebabnya

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang cukup ditakuti karena menurut ilmu kedokteran, masalah kesehatan ini tidak bisa disembuhkan. Konsetrasi pengobatan yang dilakukan dokter adalah untuk menghambat supaya tidak makin bertambah parah. Perawatan tersebut juga biasanya dilakukan untuk meminimalisir rasa sakit penderita dan mencegah munculnya penyakit komplikasi lainnya.

Jangan pernah mengabaikan sakit ginjal, karena mengingat penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang berbahaya. Maka dari itu kita perlu mengenali penyebab dan gejala gagal ginjal supaya bisa waspada ketika mengalami tanda-tandanya.

Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Gagal Ginjal

Dibawah ini Kami berikan penyebab munculnya penyakit gagal ginjal:

1. Rendahnya volume aliran darah ke ginjal

2. Saluran kemih terganggu

3. Memiliki riwayat penyakit diabetes

4. Mempunyai tekanan darah yang tinggi

5. Mengonsumsi makanan dan minuman yang dapat menyebabkan gagal ginjal secara berlebihan

6. Sering menahan buang air kecil

7. Penyakit genetik dan autoimun

8. Tidak menjalani pola hidup sehat

9. Memiliki gangguan pada pembuluh darah

10. Jumlah darah yang dipompa jantung di bawah normal

11. Pengaruh obat-obatan tertentu yang bisa mengganggu ginjal

12. Tersumbatnya saluran urin

Ciri-Ciri Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Kamu Waspadai

Berikut ini gejala yang dirasakan oleh penderita gagal ginjal:

1. Tubuh Merasa Mudah Lelah

Ciri-ciri penyakit gagal ginjal yang pertama adalah tubuh yang terasa sangat mudah lelah. Hal ini karena produksi hormon erythropoietin (EPO) yang rendah untuk memproduksi sel darah merah dan oksigen.

Jika sel darah merah berkurang, maka darah tidak bisa optimal ketika mengirimkan oksigen ke otak dan otot. Sehingga efeknya tubuh mudah lelah, lemah, dan bisa mengganggu konsentrasi.

Namun perlu Kamu ingat bahwa gejala serupa bisa muncul saat terkena penyakit anemia (kekurangan darah).

2. Kulit Gatal dan Kering

Kulit yang gatal terkadang bukan sepenuhnya gejala terkena penyakit kulit. Namun, bisa juga itu tanda gangguan kadar mineral dan nutrisi yang  sering dialami oleh penderita gagal ginjal stadium lanjut. Kondisi ketika ginjal tidak dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh maka racun tersebut akan menumpuk di dalam darah sehingga memicu ruam dan gatal-gatal pada kulit. Kondisi ini juga bisa membuat kulit menjadi kering.

3. Mengalami Pembengkakan

Ketika ginjal tidak bisa membuang kelebihan natrium maka cairan akan menumpuk di berbagai bagian tubuh. Dampaknya adalah pembengkakan di sekitar kaki, tangan, dan wajah yang biasanya terjadi pada masalah ginjal.

4. Nafsu Makan Menurun

Gejala penyakit gagal ginjal lainnya adalah penurunan berat badan dan hilangnya nafsu makan. Hal ini bisa disebabkan akibat adanya racun yang menumpuk dalam tubuh. Selain itu penyakit gagal ginjal juga bisa memicu mual dan muntah yang bisa membuat perut terasa tidak nyaman.

5. Meningkatnya Buang Air Kecil

Ciri-ciri penyakit gagal ginjal yang selanjutnya adalah keinginan untuk buang air kecil jadi meningkat ketika saringan ginjal rusak. Maka jika Kamu sering buang air kecil, apalagi saat malam hari sehingga mengganggu waktu tidur segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Namun pada pria, sering buang air kecil bisa jadi tanda penyakit lainnya seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat.

6. Urin Berbusa

Adanya busa yang berlebihan pada urin menandakan bahwa fungsi ginjal terganggu. Busa ini tampak seperti busa pada kocokan telur karena protein albumin yang terkontaminasi pada urin.

7. Sering Mengalami Kram Otot

Ketidakseimbangan natrium, kalsium, kalium, atau elektrolit lainnya dapat terjadi akibat adanya gangguan ginjal. Akibatnya nutrisi seperti fosfor mengalami penurunan sehingga menyebabkan kram otot.

Itulah gejala dari penyakit gagal ginjal yang perlu Kamu waspadai. Jika mengalaminya segera periksakan ke dokter.

Jika ingin mendapatkan produk herbal obat gagal ginjal alami bisa hubungi admin Dharmasehat. Selain itu Kamu juga bisa menemukan obat herbal untuk penyakit lainnya disini.