Macam-macam Penyakit Kulit dan Penyebabnya

Kulit merupakan bagian terluar tubuh yang berfungsi untuk melindungi dari virus, bakteri, sinar matahari, sebagai penghasil vitamin D, dan lain sebagainya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga kesehatan kulit.

Apabila lapisan luar dari badan tersebut tidak terjaga, maka akan menimbulkan gangguan atau penyakit.  Jenisnya pun ada berbagai macam dan beberapa diantaranya sudah umum dialami oleh masyarakat.

Jenis- jenis Penyakit Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Penyakit kulit akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja, pasalnya akan menyebar dan memperparah kondisi penderita. Maka dari itu, berikut akan Kami berikan penjelasan mengenai macam-macam dari penyakit kulit yang perlu Anda ketahui supaya bisa ditangani dengan tepat.

1. Eksim atau Dermatitis

Penyakit kulit ini disebabkan karena adanya peradangan atau alergi yang bisa membuat kulit menjadi  gatal, kering, bahkan menyebabkan benjolan berwarna merah. Biasanya eksim muncul di wajah, leher, siku, pergelangan tangan dan kaki.

2. Bisul

Bisul merupakan jenis penyakit kulit yang pastinya sudah tidak asing lagi ketika mendengarnya, karena sudah umum dialami oleh banyak orang. Penyebabnya antara lain infeksi bakteri pada kulit, pelemahan diabetes, dan penggunaan bahan kimia.

Gejala dari bisul adalah muncul bintik seperti gelembung berwarna merah dan nyeri. Bisa menular apabila bersentuhan dengan seseorang yang terinfeksi. Biasanya penyakit kulit ini ditemukan pada bagian tubuh yang lembab, seperti lipatan paha, ketiak, leher, hingga kepala.

3. Cacar Air

Cacar air adalah satu dari berbagai macam penyakit kulit yang biasanya kerap terjadi pada anak-anak. Tetapi ada kemungkinan juga akan menyerang usia dewasa dan katanya penyakit ini hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup.

Ciri-cirinya adalah muncul bintik-bintik pada kulit berwarna merah dan berisi cairan seperti lepuhan kulit yang berpotensi meninggalkan bekas luka dalam. Selain itu, biasanya juga disertai demam dan ruam.

Cacar dapat menular dengan mudah terlebih saat imun tubuh sedang lemah melalui sentuhan, lendir, atau ludah dari penderita.

4. Kudis

Permasalahan kulit ini disebabkan oleh kutu kulit yang berada pada lapisan luar dan menyebabkan kemunculan jerawat namun terasa gatal. Biasanya akan mulai dari sela jari kaki, tangan, bawah ketiak, dan sebagainya.

Gejala yang dialami oleh pengidap kudis adalah muncul ruam menyerupai jerawat. Pada umumnya, kudis akan terasa sangat gatal terutama malam hari.

5. Kurap

Kurap merupakan salah satu dari macam-macam penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dan berkembang di bagian tubuh yang lembab serta hangat. Biasanya terjadi pada leher, kulit kepala, tengkuk, dan sela-sela jari kaki.

Kondisi yang akan dirasakan apabila menderita penyakit kurap adalah muncul lingkaran bersisik dan berwarna merah serta putih. Disertai dengan rasa gatal yang akan melebar jika tidak cepat ditangani.

7. Herpes

Permasalahan kulit yang kerap menyerang orang dewasa ditandai dengan munculnya ruam kecil berwarna merah dan akhirnya melepuh. Umumnya herpes sering muncul di bagian bibir, lipatan paha, dan lainnya.

Penyakit ini perlu diwaspadai, karena dapat menginfeksi dalam jangka waktu yang lama dan bisa memunculkan gejala apabila imun tubuh lemah. Bahkan herpes bisa bertahan pada tubuh penderita seumur hidupnya.

Selain itu, apabila tidak ditangani dengan baik juga akan menyerang organ mata dan saraf, sehingga dapat menimbulkan rasa nyeri pada area yang terkena.

Penyebab Dari Munculnya Penyakit Kulit

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit kulit, antara lain:

  1.       Kontak langsung dengan penderita
  2.       Jamur atau bakteri yang hidup di kulit
  3.       Obat-obatan
  4.       Genetik
  5.       Gangguan autoimun
  6.       Alergi
  7.       Kebersihan tubuh yang kurang terjaga
  8.       Paparan dari zat berbahaya di lingkungan

Itulah pembahasan mengenai berbagai macam penyakit kulit dan penyebabnya yang perlu Anda ketahui. Jika mengalaminya, segera lakukan tindakan agar tidak menjalar.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengobatinya menggunakan salep BL, cocok untuk mengatasi berbagai penyakit kulit seperti di atas.

Untuk mendapatkan produk tersebut Anda bisa membelinya di toko online Dharmasehat atau dengan menghubungi customer service Kami melalui kontak resmi di halaman ini.