Diskon 50% untuk beli produk Moreskin Aloe Vera ISI 250 ML, klik disini

Berbagai Macam Manfaat Matahari Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Pagi hari merupakan waktu yang cocok untuk berjemur. Tetapi sebagian besar orang menyepelekan salah satu aktivitas tersebut karena kurangnya pengetahuan mengenai hal itu. Padahal manfaat matahari pagi untuk kesehatan banyak sekali jika kami melakukannya dengan benar.

Paparan sinar matahari yang tepat itu tergantung dari usia, kualitas udara, jenis kulit, riwayat kesehatan, dan lingkungan tempat tinggal. Berjemur di pagi hari tidak hanya dapat dinikmati oleh bayi, tetapi juga anak-anak, dewasa, bahkan hingga lansia.

Lantas apa saja sih keuntungannya jika kamu menjemur badan di pagi hari? Yuk simak artikel ini sampai selesai ya.

Manfaat Berjemur Pada Pagi Hari yang Perlu Kamu Ketahui

Berikut ini akan Kami bagikan penjelasan mengenai berbagai macam manfaat matahari pagi yang bisa kamu peroleh, antara lain seperti:

1. Mendorong Produksi Vitamin D dan Memperkuat Kesehatan Tulang

Berjemur saat pagi hari dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi kamu. Hal ini karena diketahui bahwa paparan sinar matahari bisa membantu memproduksi vitamin D secara alami dalam tubuh.

Vitamin D sendiri itu penting pada proses penyerapan fosfor dan kalium. Hal inilah yang akan memperkuat tulang, gigi, bahkan otot sehingga dapat mencegah berbagai penyakit. Misalnya saja seperti osteoporosis, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi atau hipertensi, dan lain sebagainya.

2. Memperbaiki Kualitas Tidur

Bagi kamu yang mempunyai masalah pada pola tidur seperti insomnia, berjemur adalah satu satu solusinya. Tidak terdengar masuk akal memang atau sulit untuk dipercaya, tetapi memang begitu faktanya.

Matahari pagi dapat merangsang hormon selatonin dan melatonin dalam tubuh yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, akan mempertahankan ritme sirkadian agar tetap normal.

Hal ini supaya ketika diluar mulai gelap, tubuh mendapatkan gambaran yang jelas sehingga merasa lelah, menimbulkan rasa kantuk dan tenang. Jadi dapat membantu seseorang untuk tertidur lelap pada saat malam hari.

3. Membantu Menghilangkan Gejala Depresi Ringan

Manfaat matahari pagi yang jarang disadari adalah dapat membantu menghilangkan gejala depresi ringan. Karena dengan berjemur, akan memicu otak untuk mendorong produksi hormon serotonin, dopamin, dan beta endorfin.

Diketahui hormon tersebut dapat membuat tubuh berenergi, membantu tetap fokus, meningkatkan suasana hati sehingga lebih bahagia, serta mengurangi stress.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Ada sebuah penelitian menyebutkan bahwa matahari pagi dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif dan pertumbuhan sel saraf yang berada di hippocampus. Bagian tersebut memiliki tugas utama sebagai membentuk, mengatur, dan menyimpan memori.

Jadi jangan heran ya jika berjemur di pagi hari secara rutin kamu akan mempunyai daya ingat yang kuat.

5. Membantu Menjaga Imunitas Tubuh

Manfaat berjemur saat pagi hari yang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena sinar matahari dapat meredakan dan menekan sistem imun yang terlalu aktif.

Produksi vitamin D dan peningkatan sel darah putih dari hasil menjemur badan memiliki efek imunomodulator. Berfungsi memperbaiki sistem imun tubuh untuk berperang melawan berbagai penyakit dan mencegah infeksi tubuh. Jadi apabila kamu rutin berjemur, maka kekebalan tubuh akan selalu terjaga.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa saja yang akan kamu dapatkan jika berjemur pada pagi hari. Siapa sangka jika manfaat matahari pagi sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Maka dari itu, cobalah menyempatkan waktu untuk melakukan aktivitas tersebut.

Tips Berjemur di Pagi Hari

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika kita berjemur saat pagi hari itu akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan seperti di atas. Tetapi walaupun begitu, kamu harus tetap melakukan persiapan sebelum melakukannya.

Jika kalian ingin menjemur badan di bawah matahari pagi disarankan pada jam 10.00 WIB agar terhindar dari sinar ultraviolet. Lakukanlah 5-15 menit selama 2-3 kali dalam seminggu. Jangan lupa tetap penuhi kebutuhan air dalam tubuh supaya tidak dehidrasi.

Kamu bisa siapkan air minum terlebih dahulu sebelum berjemur. Jika sudah tersasa panas sebaiknya kamu sudahi kegiatan tersebut. Selain itu, pastikan kamu sudah menggunakan tabir surya sebelum berjemur ya.

Untuk menemani kegiatan berjemur, kamu bisa nih memakai moreskin sunblock SPF 50++ yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Cocok juga untuk kalian yang menginginkan kulit sehat meskipun sering beraktivitas di luar ruangan.

Manfaat lainnya jika kamu menggunakan produk tersebut yaitu dapat menurunkan risiko kanker kulit, mencegah penuaan dini dan penggelapan kulit, serta yang lainnya.

Jadi bagaimana, apakah sudah siap untuk mendapatkan manfaat matahari pagi dari berjemur sekaligus skincare dalam bentuk tabir surya dari Nasa?

Segera dapatkan produknya hanya di Dharma Sehat. Hubungi admin Kami jika kamu ingin membelinya ya.